Artikel Singkat & Foto Liputan Program Ngopi #1 bersama Rama Surya @ Cawan Photo Space (3 Juli 2011)

Tulisan oleh Bellanissa B. Zoditama
Foto oleh Ivan Fachrurezha

Pada hari minggu tanggal 3 juli 2011, APC Institute mengadakan sebuah program baru yang bernama NGOPI atau Ngobrol Santai dan Tukar Pikiran Soal Fotografi. Dimana pada program yang baru pertama kali dihadirkan ini, APC Institute berkesempatan mengundang Rama Surya, yaitu salah seorang Fotografer Kenamaan Indonesia yang telah mempublikasikan sebuah buku foto esai dengan judul “Yang Kuat Yang Kalah”. Rama Surya pun pernah memiliki kesempatan langka yaitu menjadi asisten fotografer dunia asal brasil, Sebastiao Salgado ketika ia berkunjung ke Indonesia.

Bertempat di Cawan Photo Space, acara yang berlangsung selama 2 jam ini memperlihatkan tentang foto-foto hasil perjalanan seorang Rama Surya ke negeri tirai bambu, Cina. Proses merekam Negara China ini dilakukan olehnya sejak tahun 2006 hingga sekarang dalam visual hitam-putih yang merupakan ciri khas karya seorang Rama Surya. Foto-foto itu nantinya akan dibuat menjadi sebuah buku fotografi yang dapat dilihat oleh masyarakat di seluruh dunia. Presentasi foto yang dipaparkan oleh Rama Surya pada program Ngopi #1 berjudul China: A Journey. Foto-foto tersebut memperlihatkan tentang potret kehidupan di sudut-sudut kota China dan provinsi-provinsi yang membagi wilayah China dalam pandangan seorang Rama Surya.

Pada saat program ini berlangsung, Rama Surya meminta para peserta program untuk melihat sebuah buku yang berjudul ‘China 50 years inside the peoples Republic: Essay by Rae Yang’ untuk dijadikan bahan perbandingan & diskusi. Rama Surya pun sempat mengatakan bahwa sebelum ia melakukan perjalanan, ia banyak membaca buku & literatur tentang China dan berpesan betapa pentingnya melihat situasi tempat yang akan dikunjungi agar kemudian kita bisa fokus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Menurut Rama Surya, setiap fotografer mempunyai ideologi masing-masing dan harus siap dengan segala sesuatu yang baru. Karena setiap momen yang muncul tidak dapat diulang dan serba tidak pasti. Oleh karena itu dalam setiap perjalanannya, Rama Surya selalu siap membawa perlengkapan fotografi berikut aksesorisnya yang ia simpan ke dalam sebuah tas. Itulah yang membuat Rama Surya begitu total dalam menjalankan profesinya sebagai seorang fotografer. Ia berprinsip bahwa setiap hari kita musti mengasah mata kita dan merekam dengan cepat kejadian-kejadian yang tidak pernah sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: