Artikel Singkat & Liputan Foto Program Bandung A Day @ Tugu Titik Nol Kilometer Bandung (25 September 2011)

25 September 2011. Ratusan warga yang kebanyakan berasal dari kalangan anak-anak muda Kota Bandung, sejak pukul 07.00 wib sudah berkumpul di Tugu Titik Nol Kilometer, Jalan Asia Afrika Bandung. Mereka hadir untuk berkolaborasi pada program “Bandung A Day” demi menyambut hari jadi Kota Bandung yang ke 201 tahun. Bandung A Day adalah sebuah proyek pemotretan yang menceritakan berbagai kehidupan yang terjadi di Kota Bandung selama 24 jam. Isu yang disampaikan melalui visual foto tersebut dapat bercerita mengenai kehidupan pribadi, keluarga, sahabat, komunitas, masyarakat, maupun aktivitas kota yang terjadi selama 1 hari. Program ini digagas oleh APC Institute dengan mengundang seluruh masyarakat umum untuk dapat berkolaborasi dan kemudian mempersembahkan hasil fotonya bagi Kota Bandung. Dengan harapan agar kita semua dapat melihat dengan jelas bagaimana Warga Bandung secara jujur melihat tempat tinggal & kota yang dihuninya beserta nilai-nilai yang telah ditanamkan.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, ratusan anak-anak muda kota bandung tersebut terlihat semangat mengumandangkan lagu kebangsaan tersebut. Setelah itu pemaparan program Bandung A Day disampaikan oleh Galih Sedayu dari APC Institute. Dilanjutkan dengan paparan singkat dan dukungan terhadap program ini dari Riadi Rahardja selaku pimpinan Inova Photography School & Bidik Photography for Kids. Beliau menyebutkan sehari sebelumnya sekitar 50 orang anak yang berusia 8 s/d 15 tahun mendahului program ini dengan memotret bersama keliling bandung. Setelah itu doa untuk Kota Bandung pun dilavalkan dalam suasana hening dengan harapan agar bandung selalu dicintai warganya. Program ini akhirnya ditutup dengan lagu Halo Halo Bandung yang dinyanyikan dengan sangat lantang oleh para anak muda Kota Bandung.

Rencananya pada tanggal 3 Oktober 2011 pukul 07.00 wib, hasil karya foto bidikan para warga bandung tersebut akan dipresentasikan di Simpul Space, markas Bandung Creative City Forum (BCCF). Lalu selanjutnya, foto-foto terbaik akan diterbitkan ke dalam sebuah jurnal fotografi bersama yang dapat dilihat oleh semua warga bandung sebagai wujud dan niatan baik demi Kota yang mereka cintai tentunya.

Dirgahayu Kota Bandung yang ke-201 Tahun. -gals-

(c) apc institute

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: