Karya Foto Finalis/Nominasi Program Pos Indonesia Photo Contest 2011

” Down Stairs ” karya Adhityo Sujiwo
– Pontianak –

” Pantang Menyerah ” karya Adithya Hendy Suroso
– Cipinang, Jakarta –

” Scanning ” karya Ahmad Nafik Mundzir
– Surabaya –

” Teliti & Akurat ” karya Anom Manik Agung
– Denpasar, Bali –

” Antre BLT ” karya Gunawan Wicaksono
– Depok, Jawa Barat –

” Ambil Uang Pensiun ” karya Hasan Sakri Ghozali
– Ngawi, Jawa Timur –

“Tetap Buka” karya Hasan Sakri Ghozali
– Ngawi, Jawa Timur –

” Pak Pos Yang Selalu Dinanti ” karya Herianus
– Jakarta Selatan –

” Peti Kemas ” karya M.Ghazali
– Krakatau, Medan –

” Menyeberang ” karya Muhammad Sujai
– Sidoarjo, Jawa Timur –

” NT ” karya Mutiabella Trisnawati
– Bandung –

” Releksi Kerja ” karya Nur Efendy
– Denpasar, Bali –

” Pos Ekspres ” karya Djoko Wibowo
– Banjarmasin –

” Ayah Ade Kirim Surat Ya…!!! ” karya Roni Mawardi
– Jakarta –

” Filateli On The Road ” karya Rozie Soehendy
– Bandung –

” Siaga Oranye ” karya Rozie Soehendy
– Bandung –

” Tertarik Filateli ” karya Rozie Soehendy
– Bandung –

” Alamat Dalam Pasar ” karya Sugede SS
– Solo –

” Layanan Pos Kecil di Tanah Air ” karya Sutarya Partadisastra
– Bandung –

” Gerak Cepat ” karya Thaib Chaidar
– Makasar –

” Belajar Berkirim Surat ” karya Wawan Wahjudianto
– Malang –

” Perangko Sendiri ” karya Yudy Fachrurozi
– Jakarta Β –

” Pekerjaan dan Tanggung jawabku ” karya Yulius Pakuli
– Sorong, Papua Barat –

” Dengan Pos Keliling Bayar Listrik Lebih Mudah ” karya Yusak Teguh Utomo
– Surabaya –

” Pulang Sekolah Aku dan Adik ke Pos Keliling ” karya Yusak Teguh Utomo
– Surabaya –

Advertisements

41 Comments to “Karya Foto Finalis/Nominasi Program Pos Indonesia Photo Contest 2011”

  1. Selamat kepada 25 orang peserta yang terpilih menjadi finalis/nominasi program Pos Indonesia Phtoto Contest 2011.
    Rencananya pengumuman pemenang program ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2011 di jakarta. Panitia akan menghubungi para finalis secara langsung melalui telepon, mengenai kepastian acara tersebut. Terima kasih atas kolaborasi & partisipasi yang telah diberikan oleh para sahabat fotografi setanah air. Salam.

    -APC Institute-

  2. Wah kenapa para nominator ada yang merangkap juara, setidaknya ada 3 orang yakni saudara (Yusak Teguh Utomo) punya 2 karya, Rozie Soehendy punya 3 karya dan Hasan Sakri Ghozali miliki 2 karya yang lolos jadi pemenang. Apa juri profesional dan tidak ada karya yang lebih baik lagi. Saran saya, sebagaimana penjurian dalam lomba foto, setiap peserta hanya berhak menjadi satu kali pemenang, dan jika ada dua karya atau lebih miliknya yang masuk nominasi, hanya pilih satu saja.
    Di samping memberikan kesempatan dan peluang bagi peserta lainnya, apalagi ini kaliber nasional. Seharusnya masih ada 4 pemenang lagi untuk mengganti para pemenang rangkap di atas. (IMROATUN FATIMAH, SPd.I -Dosen di Jogja, 081802656406 email: imroatun_jogja@yahoo.com.

    Trimakasih ini hanya sekedar saran saja, bukan kritik tanpa dalih….

    • Terima kasih pak atas sarannya. Untuk program lomba foto ini, panitia menetapkan sebuah peraturan bahwa untuk juara utama & harapan (juara I, II, III & harapan) memang tidak boleh ada juara rangkap. Tetapi khusus untuk juara favorit diperbolehkan ada pemenang yang lebih dari 1 orang. Kami yakin bahwa para juri sudah bekerja secara profesional dimana mereka telah mengikuti aturan yang panitia buat sebelumnya. Lalu karya foto yang masuk semuanya adalah karya foto yang baik tetapi walau bagaimanapun karena ini lomba foto, tetap harus dipilih yang terbaik sesuai dengan pilihan dewan juri. Salam.

      -apc-

  3. Wah, selamat ya buat para nominator. Good Job. Baru kali ini sy ikutan, blm beruntung, msh hrs mengasah skill fotografinya nih. Insya Alloh tahun depan ikutan lagi ah. Btw ini msh nominasi kan, ya? Urutan pemenangnya blm? Klo ada vote sy milih yg ‘Menyeberang’, ‘Pak Pos Yang Selalu Dinanti’ dan ‘Pantang Menyerah’ πŸ™‚ Foto ‘Releksi (Refleksi x?) Kerja’ idenya pernah lihat, dimana gt…klo ga salah ttg pos jg (ide yg sama lho bukan foto yg sama).

    • Terima kasih buat ucapan selamat & partisipasinya ya pak. Semoga bapak beruntung di program selanjutnya. Benar, bahwa karya foto ini merupakan nominasi. Urutan pemenangnya akan kami informasikan (bila tidak ada halangan) yaitu sehari setelah acara pengumuman pemenang pada tanggal 22 Desember 2011. Salam.

      -apc-

  4. mohon izin saya copy fotonya buat dokumentasi di POStography, hatur nuhun

  5. yaah mungkin tahun depan di coba lagi, SEMANGAT !!!!

  6. mantap, para nominator tahun 2011…selamat bagi pemenang.

  7. masa foto seperti ini jadi pemenang?
    πŸ˜€

  8. iya sama-sama.
    menurut saya foto yang enak dilihat itu harus jadi pemenang.
    πŸ™‚

  9. wah gak masuk πŸ™‚ tapi selamat buat para nominator .. harus kerja keras lagi nih biar tahun depan beruntung … πŸ˜€

  10. alhamdulillah.. bisa nongol di sini juga akhirnya….

  11. Klo poto yang dkrim pas tanggal satu itu apa masih bisa diterima???
    Soalnnya poto yg saya kirim pas tanggal satu..
    Saya berfikir kalo poto saya ditolak..trimakasih

    • Selama cap posnya tgl 1 des, meski sampainya baru tgl 5 des misalnya, pasti akan kami terima. Tolong dikirimkan saja nama & alamat lengkapnya, nanti akan kami cek apakah foto tersebut sudah kami terima atau belum. Tks.

      -apc-

  12. luar dalam biasa……. alias Luar Biasa… Bravo…O….

  13. salutt deh buat tmen2 pos yang didaerah..
    kreatif ama inspiratif sob…

  14. Tahun ini bukannya temanya transformasi POS Indonesia ya? dari hasil yang saya lihat banyak foto yang masih menggunakan tema tema klasik, padahal saya sebagai penikmat foto mengharapkan foto yang mencerminkan aktivitas POS dengan pengiriman uang via elektronik, email, dan aktivitas komputerisasi lainnya.. tapi semua foto yang masuk nominasi emang luar biasa walaupun agak kurang nyambung dengan tema, salute..

  15. Numpang tanya om/mbak admin ini ketua dewan juri nya siapa yah?

  16. Banyak foto nominator yang bagus tapi tidak berhubungan dengan tema dan kenapa bisa lolos dalam penjurian?
    Salah satunya foto ” Belajar Berkirim Surat ” karya Wawan Wahjudianto kelihatan seperti kolase yang termasuk ‘diharamkan’ dalam lomba foto. Jangan katakan kalau itu jadi salah satu pemenang utama. Jika benar, berarti tidak ada kemajuan dalam penyelengaraan KFPPI yang sudah bertahun-tahun diadakan.
    Atau harus dipahami kalau ini event nasional dengan panitia penyelenggara tingkat lokal? Dan sepertinya tahun depan panitia akan digantikan dengan EO yang lebih profesional yang bisa memilah dan memilih foto dengan tema yang sesuai untuk dinilai dewan juri?

    • Terima kasih atas komentarnya pak ginanjar. Ternyata foto karya Wawan Wahjudianto yang berjudul “Belajar Bekirim Surat” menjadi juara ke-1 lomba foto ini yang dipilih oleh para dewan juri dengan suara mutlak dan kelima orang juri semuanya setuju setelah diskusi yang panjang . Tapi kami jelaskan, bahwa karya foto beliau bukanlah kolase seperti yang dianggap oleh pak ginanjar. Pak Wawan pun telah menyerahkan bukti file asli/hi-res dan surat pernyataan kepemilikan karya kepada panitia. Mengenai pendapat bapak yang menyatakan bahwa foto ini tidak berhubungan dengan tema, silakan untuk menyampaikan argumen tersebut secara lengkap, agar kami bisa mengerti dan bisa membantu untuk menyampaikan alasan-alasan tersebut kepada para dewan juri sebagai informasi.

      Terus terang kami tidak mengerti mengenai pendapat bapak yg menyatakan bahwa “ini event nasional yang diselenggarakan oleh penyelenggara tingkat lokal”. Mungkin bapak perlu share kepada kami seperti apakah gambaran panitia tingkat lokal itu. Karena sejak tahun 2004, APC Institute secara khusus & konsisten mengelola sejumlah program fotografi seperti festival pameran, lomba, seminar & workshop, ekskursi baik itu tingkat lokal, nasional dan internasional.

      Kemudian mengenai pendapat bapak yang mengatakan bahwa “Dan sepertinya tahun depan panitia akan digantikan dengan EO yang lebih profesional yang bisa memilah dan memilih foto dengan tema yang sesuai untuk dinilai dewan juri?”, itu semua kami serahkan kepada pihak Pos Indonesia yang memilih kami sebagai pengelola program kreatif tsb. Lagi pula panitia tidak berhak untuk memilah atau memilih semua foto yang masuk, melainkan hanya dewan juri yang diperbolehkan menilai. Oleh karena itu semua amplop karya foto peserta hanya boleh dibuka oleh panitia pada saat penjurian berlangsung dan disaksikan oleh para dewan juri. Demikian hal ini kami perlu sampaikan sebagai jawaban atas pernyataan yang bapak berikan kepada kami. Salam.

      -apc institute-

  17. Karya Foto Pemenang Pos Indonesia Photo Contest 2011.
    http://wp.me/p1rrCx-yA

  18. ada nominasi yg agak aneh setidaknya menurut saya, pak pos bisa langsung ngasih surat ke depan sel. bukankah di lapas ada petugas penjaga, bukannkah dia yg bertugas memeriksa & memberi kiriman itu? betul ngga sih?…

    • Di dalam regulasi lomba foto, tidak ada larangan bagi peserta untuk mengatur pemotretan atau obyek foto yang direkam. Karena proses kreatif untuk menghasilkan karya foto tersebut kadang memerlukan ide yang berbeda sehingga foto tidak harus yang bersifat realitas semata. Jadi peserta dibebaskan untuk mengungkapkan segala pesan dan harapannya lewat foto. Terima kasih.

      -apc-

  19. bung admin bagaimana nich hadiah untuk pemenang favorit koq belum ada realisasinya terima kasih…

  20. waduh slamat yah bwt yg menang,,
    sya bru tw ni mas ad lomba foto dr pos indonesia..
    saya mw tanya untuk tahun ini ada di adakan lagi lombanya atau gak mas..?
    kalau ada kira2 bulan n tgl brpa mas,,
    saya mw ikutan..
    salam jepret..

    fadhil-aceh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: