Surat dari salah satu peserta Pos Indonesia Photo Contest 2011 yang bernama Lutfiah asal Deli Serdang berisi impian untuk memiliki Studio Foto

Pada saat tim kerja APC Institute melaksanakan penjurian program Pos Indonesia Photo Contest 2011, tepatnya hari Jumat tanggal 9 Desember 2011 di Gedung Wahana Bhakti Pos, Lantai 8, Jalan Banda No 31 Bandung…kami menerima sepucuk surat di dalam tumpukan-tumpukan amplop karya foto yang dikirim oleh para peserta lomba dari seluruh indonesia. Surat tersebut ditulis pada tanggal 25 November 2011 oleh (tampaknya seperti) seorang gadis yang bernama Lutfiah (Fia) yang berasal dari Desa Sudirejo, Deli Serdang. Surat tersebut berisikan impiannya untuk memiliki studio foto sendiri. Entah isi surat tersebut benar atau tidak, kami serahkan sepenuhnya kepada para pembaca agar dapat menyimaknya baik-baik. Beginilah isi surat tersebut.

(1)

(2)

(3)

Berikut adalah tulisan yang disadur dari surat aslinya:

Sudirejo,25 November 2011

Assalamu’alaikum wr.wb

Perkenalkan nama saya Lutfiah, biasa dipanggil Fia.

Berawal dari sebuah impian tuk memiliki studio foto sendiri saat melihat fb ada lomba foto, Fia langsung tertarik walaupun sebelumnya belum pernah mengikuti lomba foto apapun J

Fia sangat berharap bias mendapatkan  salah satu hadiah yang tersedia.

Begini rencana Fia,

Pertama: Uangnya akan Fia belikan camera Polaroid 300 instan dengan camera itu Fia bisa mengumpulkan  uang untuk membeli laptop. (Caranya, Fia akan datangi tempat-tempat wisata atau tempat-tempat yang lagi ngadain acara. Fia akan mencari orang-orang yang mau difoto dan bisa langsung cetak, yang pastinya uangnya juga langsung dapet)

Rencana B:

Fia akan mencari pinjaman uang tuk membeli camera Polaroid 300 instan (sekitar Rp.900.000,- s/d Rp.1.000.000,-) warna putih+biru. Begitu cameranya uda di tangan, Fia akan mendatangi tempat-tempat wisata atau tempat-tempat yang lagi ngadain acara (bias juga di sekolah-sekolah) dengan asumsi setiap kali foto Rp.5000,- / foto. Misalkan dalam 1 hari Fia bisa memfoto 20 orang maka:

Rp.5000,- x  20 = Rp.100.000,-

Artinya, dalam waktu 2 minggu fia bisa mengembalikan uang tuk membeli camera tersebut.

Setelah itu, Fia akan bekerja keras tuk mengumpulkan uang membeli laptom dan modem. Laptop ini sangat berguna banget bagi Fia karena Fia berencana membuat toko online (biaya pembuatannya hanya Rp.150.000,-)

Kalau uda punya laptop,Fia bias lebih aktif “promosi” dan bias menjawab semua pertanyaan calon pembeli 24 jam “non stop” atau sekedar membalas komentar dari calon pelanggan.

Itu artinya,Fia uda punya 2 mesin uang. Uang dari kedua mesin uang Fia ini nantinya Fia gunakan untuk biaya Kursus “bisnis digital printing” (Rp.1.800.000,-) dalam waktu 2 bulan.

Dua bulan kemudian Fia akan membuka digital printing dengan berbagai mesin print: textile printer, print photo mug, photo pin, photo sticker (banyak benda yang biusa dikreasikan memakai foto sendiri seperti: jam tangan,payung,tas,gelas,pin,baju,bingkai,dll).

Dari studio foto ini bias membentuk usaha-usaha baru yang saling berhubungan “mapping plan”:

STUDIO FOTO > SALON > BUTIK > PENYEWAAN BAJU > PENYEWAAN CAMERA DIGITAL > JUAL BINGKAI FOTO > DIGITAL PRINTING

Kenapa Fia menceritakan ini semua?

Karena:

> Dari berbagai buku yang Fia baca, kalau kita punya impian “ceritakanlah kepada orang-orang disekitar anda”

Dan Fia percaya itu, karena dengan berbagi cerita, orang lain akan tau apa yang kita inginkan. Kalau mereka sudah tau, tentu mereka tau bantuan apa yang bias diberikan.

Itu artinya, impian Fia akan semakin mudah terwujud!

Selanjutnya Fia akan mewujudkan 40 impian Fia selanjutnya.

Salam Optimis Semuanya!

Yang punya keinginan,

———LUTFIAH———

Buat temen-temen yang mau kasi alternative rencana C, rencana D dan seterusnya bias menghubungi Fia.

No tlp: 087869197299

Facebook: Lutfia (spasi) fia.

Email: Lutfia_2298@yahoo.co.id

Atau ada yang mau meminjamkan cameranya ke Fia?

Atau ada yang mau ngasi tantangan berhadiah camera Polaroid 300 Instan?

Nama: Lutfiah

Alamat: Jl. Inpres Dusun Asih Desa Sudirejo RT.002/RW.002 (Depan Balai Pengobatan Anggita) Pasar II, Namorambe, Kab. Deli Serdang 20356

Tlp: 087869197299

Email: Lutfia_2298@yahoo.co.id

Advertisements

4 Comments to “Surat dari salah satu peserta Pos Indonesia Photo Contest 2011 yang bernama Lutfiah asal Deli Serdang berisi impian untuk memiliki Studio Foto”

  1. waduh keren ya keinginnannya !!!

  2. wooow.. subhanallah …keren pisan ceuk urang sunda mah. salam kenal yaa fi~ saya ikut membantu doa agar cita-citanya tercapai~ amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: