Foto Kegiatan Nongkrong Vol.11 | “Photography as a self healing” Bersama Utami Dewi Godjali | 17 Februari 2017

Nongkrong Vol.11 yang digelar oleh Air Foto Network kali ini membahas sebuah topik yang sangat personal. “Photography as a self healing”. Bertempat di Perpustakaan AFN {17/02/17}, Utami Dewi Godjali {Memi} mengungkap sebuah pergulatan batin & kisah spiritual yang dialami dalam hidupnya. Petualangan seorang Memi barangkali dimulai sejak bertemu dengan sahabat imajinernya tatkala ia masih duduk di bangku SMP. Si Cantik, begitulah Memi menyebutnya. Ia menuturkan bahwa sahabatnya ini seorang perempuan khayal yang mirip dengan dirinya namun memiliki paras yang sedikit kusam. Si Cantik inilah yang kerap menemani keseharian hidup Memi dan barangkali ikut menyublim pada setiap karya foto yang dibuatnya. Candu kepada fotografi menjadikan Memi seperti membuat sampah visual setiap detik, menit & waktu yang dilaluinya. Belum lagi rasa sakit yang menerpa dirinya akibat cairan di otaknya yang tidak seimbang, turut mewarnai cerita hidupnya yang penuh dengan pasang surut rasa. Ditambah atmosfir keluarga yang mengkungkung dirinya sehingga ia kerap ingin berontak & keluar dari tempurung tubuhnya. Hingga akhirnya ia mesti pasrah dengan berjuta mimpi yang kerap datang dalam tidurnya.

Tentunya Memi ingin sembuh. Ternyata lambat laun fotografi menjadi penyelamat sekaligus penawar lukanya. Menurut Memi, ia bagai menemukan Sang Pencipta & berdialog denganNya di setiap karya fotonya yang direkamnya. Meskipun kadang proses memotretnya hanya ia lakukan di dalam kamar pribadinya. Setelah Memi menikah, Si Cantik pun pergi entah kemana tuturnya. Kini Memi sudah mulai berdamai dengan dirinya sendiri. Menurutnya fotografi menjadi doa yang merajut kekusutan pribadinya. Fotografi menjadi media kontemplasi yang mampu menyentuh relung jiwa plus menjadi obat yang manjur baginya. Fotografi mendekatkan dirinya kepada Sang Khalik yang selalu ia rindukan.

Tahun ini Memi berencana menerbitkan sebuah buku fotografi yang sempat tertunda. Kita doakan semoga diberikan kelancaran & kemudahan baginya. Tetap berkarya, tetap bercahya & tetap ada buat Memi. Terima kasih buat segala kisah hidup Memi yang telah dibagikan kepada kita semua. Karena hidup adalah berkarya, bermain, berserah, bersyukur & berbagi /m\

img_3175

dscf0716

dscf0721

dscf0735

dscf0724

img_3190

dscf0738

img_3211

img_3231

dscf0731

img_3219

img_3247

img_3246

img_3249

img_3250

Copyright (c) 2017 by Air Foto Network
All right reserved. no part of this writting & pictures may be reproduced in any form or by any means, electronic or mechanical including photocopy, recording or any another information storage and retrieval system, without prior permission in writing from Air Foto Network.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: