Artikel & Foto Liputan Program Fashion On Stage Photo Competition 2011

Tulisan oleh Bellanissa B. Zoditama
Foto oleh Ruli Suryono

Pada hari Sabtu, tanggal 11 Juni 2011 bertempat di Graha Mandala Siliwangi Bandung dan bertepatan dengan acara “Pameran Komputer Indonesia” yang bertajuk ”Gelegar Pesta Komputer”, Canon dan Chip Foto Video Digital (CFVD) bekerjasama dengan APC institute dan Dyandra menyelenggarakan sebuah lomba fotografi yang diberi nama “Fashion On Stage Competition 2011”. Acara ini sudah berlangsung setiap tahun, dan ini.adalah kali keenam acara ini diselenggarakan.

Jumlah peserta yang mengikuti kompetisi foto ini sebanyak 190 orang. Diantaranya ada peserta yang langsung datang dari Negara Malaysia. Selain itu ada juga peserta yang berasal dari Bali, Lampung, Jakarta, Sumedang dan tentunya peserta dari Kota Bandung yang paling mendominasi acara ini. Acara ini sangat diminati oleh para fotografer amatir maupun profesional. Terbukti dengan membludaknya jumlah peserta yang mendaftar via on the spot yang sangat antusias untuk mengikuti lomba ini, meskipun dari pihak panitia sudah membatasi jumlah peserta. Bahkan saat stand pendaftaran sudah ditutup pun, orang-orang yang ingin mendaftar terus berdatangan.

Hal ini tidak terlepas dari hadiah dari lomba ini, dengan total hadiah sebesar Rp 20.000.000,00. Juara pertama sendiri mendapatkan sebuah kamera DSLR Canon EOS 60D Body. Tidak heran antusiasme dari peserta begitu tinggi, karena dengan biaya pendaftaran ‘hanya’ sebesar Rp 35.000,00 mereka mendapatkan total hadiah yang begitu fantasis bila berhasil memenangkan lomba.

Tidak hanya lomba fotografi saja, pada acara ini juga diadakan sebuah doorprize dari Kingston dan juga Canon untuk para peserta dan penonton yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilemparkan oleh MC. Dalam lomba fotografi Fashion On Stage Competition 2011 ini sendiri dibagi menjadi empat sesi dimana dua sesi untuk peserta bernomor genap, dan sesi lainnya untuk peserta bernomor ganjil.

Selain lomba fotografi, acara ini juga diselingi dengan sebuah seminar yang bernama ‘Mata Hawa’ dimana pembicaranya adalah seorang fotografer perempuan yang bernama Utami Dewi Godjali salah seorang pendiri wedding fotografi yang bernama Empat Pijar. Dalam acara ini, Teh Memi, begitu nama panggilannya membagi pengalaman dan ceritanya tentang bagaimana seni fotografi itu tidak hanya memotret sebuah subjek benda hidup, namun juga objek-objek benda mati yang kita sendiri jarang melihatnya menjadi sesuatu yang menarik untuk difoto. Dalam setiap hasil foto yang dia potret, dia selalu bermain dengan komposisi dasar warna, dengan warna-warna cerah dan juga objek yang tidak terduga hingga memiliki filosofi hidup tersendiri.

Acara ‘Mata Hawa’ sendiri berlangsung selama satu jam, dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara Lomba Fotografi Fashion On Stage Photo Competition 2011. Dalam lomba ini terdiri dari 3 dewan juri yang berasal dari berbagai profesi, yaitu Kama Adritya (CFVD Jakarta), Dudi Sugandi (Redaktur Foto Pikiran Rakyat), dan Krisna Satmoko ( Profesional Fotografer). Sebelum diumumkan nama-nama para pemenang, terlebih dahulu MC, Teh Rima, membacakan 10 besar peserta yang mempunyai hasil jepretan foto terbaik, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Dan setelah menunggu beberapa menit, pengumuman juara pun diumumkan, dan yang berhasil mendapatkan juara I yaitu Aditya Wibawa.

Pada acara ini saya juga sempat bertanya kepada dua orang peserta lomba fotografi “Fashion On Stage Photo Competition 2011”yang bernama Arya dan Mariska terkait dengan acara ini, berikut penuturan mereka:

Arya (mahasiswa Institut Manajemen Telkom, angkatan 2008)

Arya adalah seorang mahasiswa Institut Manajemen Telkom angkatan 2008, dan lomba fotografi ini merupakan debut pertamanya menjadi peserta dalam sebuah acara besar. Arya sendiri sudah mendalami dunia fotografi sejak setahun yang lalu dan bergabung dalam sebuah komunitas fotografi di kampusnya yang bernama Capture.

Mariska (asal Bandung)

Mariska mengetahui acara ini karena dia tergabung dalam komunitas Canon Indonesia. Menurutnya, kekurangan acara ini adalah panggung yang terlalu kecil dan sempit yang tidak sebanding dengan jumlah peserta, sehingga susah untuk bergerak mencari angle yang bagus.

Demikian hasil liputan Fashion On Stage Photo Competition 2011 kali ini. Sampai jumpa di program selanjutnya. Ayo terus berkarya!!

(c) apc institute – 2011

Advertisements

2 Comments to “Artikel & Foto Liputan Program Fashion On Stage Photo Competition 2011”

  1. wohoo.. selamaat buat semuanyaa 😀

  2. tak ada yg menang, yg ada hanyalah sebuah permainan…. wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: