Artikel Singkat & Liputan Foto Program Nasakom bersama Kolam Bandung @ Cawan Photo Space (24 juni 2011)

Tulisan oleh Bellanissa B. Zoditama
Foto oleh Ivan Fachrurezha

APC Institute bekerja sama dengan Komunitas Lensa Manual Bandung atau KOLAM Bandung mengadakan sebuah program reguler yang bertajuk NASAKOM (Narsis dan Aksi Komunitas foto) yang diadakan pada hari Jumat, 24 Juni 2011 bertempat di Cawan Photo Space, Surapati Core blok M32. KOLAM sendiri adalah sebuah wadah komunikasi para penggemar fotografi digital dan analog yang menggunakan lensa-lensa manual.

Pada acara yang dimulai pada pukul 19.30 WIB ini, para anggota KOLAM Bandung yang diwakili oleh salah satu anggotanya yaitu Ujang Hidayat atau yang dikenal dengan sebutan Ujang Bedog, bercerita tentang sejarah berdirinya KOLAM. Komunitas Lensa Manual terbentuk dari beberapa orang penggemar kamera manual. Awalnya orang-orang ini hanya mengoleksi lensa manual, saling berbagi informasi dan jual beli lensa. Komunitas ini sudah berdiri selama satu tahun, dan memiliki harapan tersendiri bahwa setiap orang dapat memakai lensa apapun dan dapat memanfaatkannya dengan baik. Jadi tidak sekedar melihat berdasarkan merek. Menurut Ujang Bedog yang mahir mengutak-atik lensa manual, lensa Nikon bisa dipasang pada kamera Fuji, lensa Leica bisa dipakai kamera Canon, bahkan tak jarang komponen tak terpakai dari berbagai lensa dapat “dikanibal” menjadi lensa baru. Dulunya, Komunitas Lensa Manual Bandung sempat menamakan diri Budak Baong Bandung atau Anak Nakal Bandung. Hanya saja karna dikuatirkan nama tersebut memiliki tafsir yang negatif akhirnya diganti menjadi KOLAM Bandung. Ujang Bedog turut andil membentuk komunitas ini dengan merangkul para pembeli lensa manual di warung fotonya di Jalan Terusan Pasirkoja, Bandung.

Pada akhirnya, tujuan dibentuknya komunitas lensa manual ini yaitu mengajak orang-orang belajar tentang esensi dasar ilmu fotografi dengan penggunaan lensa manual. Sehingga mampu melatih rasa ketika memotret dan bukan menyerahkannya kepada teknologi atau kecanggihan alat semata. Ke depan harapan dari KOLAM Bandung sendiri adalah mereka ingin terus melakukan kegiatan memotret dan membuat sebuah pameran foto.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: